Jumat, 27 Januari 2017

Susah Ngatur Waktu? Ini Dia Tips Nya


Bagaimana seseorang mampu menyeimbangkan waktunya untuk terlibat dalam kegiatan keagamaan, mengembangkan aktivitas extrakurikuler, menyelesaikan tugas kuliah tepat waktu, menyiapkan diri untuk kuis dan ujian, meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, shalat dengan khusuk dan tumakninah, mampu bersosialisasi dengan keluarga dan teman, dan bahkan kerja paruh waktu?
Ini ni Tipsnya..

1. Pahami tujuan/niatmu


Setiap langkah laki yang kamu ayunkan menuju masjid adalah pahala. Setiap makanan yang kamu berikan kepada istrimu adalah pahala. Jadi, bagaimana dengan semua kegiatan ‘halal’ yang kamu kerjakan dengan sungguh-sungguh sepanjang hari?
Langkah pertamamu adalah menjauhi keputusasaan, karena jatuh ke dalam keputusasaan sebenarnya akan melemahkan staminamu. Bersihkan niatmu, dan tingkatkan fokus dengan mengingat alasan mengapa kamu harus belajar. Ucapkan bismillah dan lakukanlah.

2. Tentukan prioritasmu

Kurangi aktivitas yang tidak masuk kedalam skala prioritas, misalnya chatting berlama-lama dengan skype, BBM, facebook, twitter dll. Dan ternyata hal yang tidak terlalu penting ini justru banyak menyita waktu pelajar dan mahasiswa saat ini. Mengapa? Karena kita kehilangan fokus dan tidak melakukan hal yang sebenarnya lebih perlu untuk dilakukan.  
Sebelum melakukan suatu aktivitas, tanyalah dirimu apa prioritasmu?

3. Jangan suka menunda pekerjaan 


Jangan menunggu hingga menit akhir. Benturan waktu dan aktivitas biasa terjadi saat kamu membiarkan pekejaanmu menumpuk. 
Jika kamu menghadapi ujian pekan depan, mulailah menyiapkannya sekarang, sehingga jika kamu juga menghadapi suatu acara yang juga tidak kalah penting bersamaan dengan ujiannmu, kamu bisa melakukan keduanya tanpa mengganggu persiapan ujianmu. 

4. Kendalikan jumlah aktivitas yang kamu ikuti


Mengikuti lebih sedikit aktivitas dapat berarti mampu mengendalikan kualitas komitmen yang dapat kamu tawarkan. Jika kamu mengikuti beberapa aktivitas, and ada diantara aktivitas tersebut yang sangat menyita waktu dan tenagamu dan kegiatan lain yang lebih perlu prioriotas, maka lepaskan dahulu aktivitas itu, sesuai dengan urutan skala prioritas. 

5. Pahamilah Dirimu


Pahami seberapa besar kemampuanmu! Jangan berfikir kamu sanggup untuk melakukan 24 jenis aktivitas karena kamu memiliki waktu 24 jam satu hari. Beberapa aktivitas memerlukan waktu yang cukup banyak. Maka putuskanlah dengan bijak dan jangan lupa untuk memberikan waktu yang cukup untuk semua aktivitas yang kamu lakukan. 

6. Buatlah daftar rencana kegiatan


Manfaat membuat to-do-list, Chek it out :

– menghindari suatu kegiatan dan janji yang luput untuk kita kerjakan
– melakukan aktivitas yang bisa dikerjakan sesuai dengan kapasitas dan waktu yang dimiliki
– menghindari benturan kegiatan (karena banyak tugas / janji yang lebih dari satu dalam satu waktu)
– menyiapkan sejak dini untuk mendapatkan hasil yang bagus.

7. Berdoalah



Apakah kamu sudah pernah menyiapkan daftar doa yang akan kamu panjatkan untuk hari ini? Masukkan daftar ini sepanjang tahun! Termasuk doa untuk mengatur waktu juga. Mintalah Allah untuk memberikanmu kemampuan mengatur waktu and untuk memberkahi waktu dan usahamu.




Ditulis oleh Khadeejah Islam dan dimuat dalam situs popular onislam.net
Sumber : Muslim Daily


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html