Selasa, 31 Januari 2017

Tips Sederhana Membunuh Malas Sholat

Shalat 5 waktu merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Sebagai seorang umat Islam, Kita pasti sudah tahu hal tersebut. Sayangnya, banyak sekali godaan dan halangan yang terkadang membuat kita malas menunaikan shalat 5 waktu. 

Sholat Berjama'ah Via static.pulsk.com
Tentu kamu ingin keluar dari masalah tersebut. Kamu pasti ingin rajin melaksanakan shalat lima waktu. Ingat, dimana ada kemauan disitu ada jalan.
Berikut ini Tips agar kamu gak malas sholat lagi, ikuti yuk :)

1. Ketahui mengapa Anda wajib melaksanakan shalat 5 waktu

Sumber : instagram
Sholat itu wajib lo? Kamu pasti tahu kan.. Shalat 5 waktu wajib adalah ibadah yang pertama kali dihisab pada Yaumul Hisab (Hari Perhitungan), tiang agama Islam, kunci surga, menghapus dosa, dan dosa besar jika ditinggalkan. Jadi yakin masih mau ninggalin sholat?

2. Pahami manfaat shalat

Sumber :DpBbm
Banyak lo manfaat sholat guys! Dari sisi psikologis, orang yang rajin shalat 5 waktu antara lain memiliki hati yang tenteram, selalu ingat kepada Allah SWT, terhindar dari pikiran keji dan munkar, sabar, dan bersyukur. Dari sisi kesehatan, orang yang rajin shalat lima waktu antara lain mempunyai wajah yang bercahaya, bersemangat, dan tubuh yang sehat.

Sebaliknya, orang yang tidak mengerjakan shalat lima waktu akan memiliki pikiran yang runyam, stres, dengki terhadap sesama, cemas, emosional, dan sejenisnya. Kondisi psikologis seperti itu bisa merusak daya tahan tubuhnya. Yuk Sholat :)

3. Ingatlah bahwa dunia itu sementara

Hidup Hanya Sementara Via thayyiba.com
Dengan mengingat bahwa dunia itu sementara, Anda akan menyadari bahwa Anda harus mempersiapkan diri untuk kehidupan yang langgeng. Dengan demikian, Anda akan tergerak untuk menunaikan shalat 5 waktu dan shalat-shalat lainnya yang pengerjaannya tidak selama urusan dunia. Karena Kita akan kembali ke kampung asal kita, yaitu akhirat. Yang akan kita bawa adalah amalan selama kita masih hidup, bukan materi dunia seperti mobil, rumah, dan perhiasan. 
Ingat, Sholat adalah syarat diterimanya semua amalan kita..


4. Lakukan secara bertahap agar menjadi kebiasaan

Sudah Sholat Belum? via 3.bp.blogspot.com
Jika ke tiga tips diatas belum bisa merubah kebiasaan kamu, tidak masalah. Rajin tidaknya seseorang melakukan shalat dipengaruhi keimanan dan kebiasaan.
Terkait kebiasaan, Anda bisa melakukan shalat 5 waktu secara bertahap. Sebagai contoh, hari ini Anda melaksanakan shalat Maghrib dan Isya. Hari berikutnya, Anda melaksanakan shalat Maghrib, Isya, dan Dzuhur. Hari-hari berikutnya tambah lagi jumlah shalat yang dilakukan sehingga Anda bisa melakukan shalat lima waktu setiap hari.

Mengapa dilakukan secara bertahap? Karena itu lebih baik daripada Anda tidak menunaikan shalat 5 waktu sama sekali dalam seharinya. Selain itu, pembentukan kebiasaan butuh waktu yang lamanya bergantung pada invidu masing-masing.

5. Jangan menunda shalat

Biasakan Sholat Tepat Waktu Via BeraniBerhijarah
Upayakan Anda jangan menunda-nunda shalat. Saat mendengar suara Adzan, berhentilah melakukan sesuatu dan bersiaplah untuk melaksanakan shalat. Jika ditunda-tunda, Anda mungkin lupa karena kesibukan yang tidak ada habisnya. Selain itu, tidak ada jaminan Anda masih hidup saat menunda-nunda shalat tersebut.
Akan lebih baik kalau Anda memiliki upaya mengantisipasi penundaan shalat. Sebagai contoh, Anda akan bepergian ke luar rumah. Jika sebentar lagi waktu shalat, tunda kepergian Anda. Shalatlah terlebih dahulu, setelah itu baru bepergian.
Contoh lain, jika Anda memiliki pertemuan dengan teman atau rekan bisnis, aturlah pertemuan tersebut sehingga tidak bertabrakan dengan waktu shalat. Utarakan alasan pengaturan pertemuan tersebut kepada teman dan rekan bisnis Anda. Saya optimistis mereka akan memahami alasan Anda.

6. Bertemanlah dengan orang-orang yang rajin shalat

Teman Yang Shalih Via cdn-finspi.com

Keberadaan teman bisa juga membantu Anda untuk rajin shalat. Oleh karena itu, bertemanlah dengan mereka yang rajin shalat 5 waktu. Dengan teman-teman seperti itu, Anda akan diingatkan dan diajak untuk melaksanakan shalat lima waktu jika waktunya telah tiba.
So, ingat lah kembali Sholat adalah tiang agama. Tidak kan sah amal seorang muslim jika ia tidak menunaikan sholat. Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Jangan pernah menyerah dan percayalah kamu pasti bisa menjadi lebih baik. SEMANGAT!!
Sumber : tipspengembangandiri.com dengan pengubahan seperlunya.



0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html