Jumat, 01 September 2017

Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara Mengadakan Pelatihan Penulisan Proposal Kreatifitas Mahasiswa (PKM)


Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 1 Sumatera Utara mengadakan pelatihan penulisan proposal kreatifitas mahasiswa (PKM) di Hotel Grand Kanaya, Medan. Acara ini dilaksanakan secara 2 hari yaitu tanggal 29 dan 30 Agustus dan diikuti oleh 111 mahasiswa dari PTS yang berbeda.

Acara ini bertujuan sebagai sosialisasi PKM dan juga melatih mahasiswa agar dapat menulis proposal PKM dengan baik dan benar sehingga proposal yang mereka buat  lolos seleksi juri dan dapat diikuti dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia baik swasta maupun negeri.

Pada bulan juni yang lalu  Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara telah mengadakan lomba PKM untuk seluruh PTS wilayah 1. Namun dari ratusan PTS yang ada diwilayah Kopertis 1 dan puluhan ribu mahasiswa, hanya sekitar 20-an proposal yang dikirim ke situs Simbelmawa (Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan).  Hal ini juga menjadi hal yang sangat disayangkan karena pemerintah sudah menyediakan dana 5 juta - 12.5 juta untuk mahasiswa mahasiswa kreatif yang lulus seleksi PKM ini.

Dengan diadakan acara pelatihan penulisan proposal PKM kemarin,  diharapkan 111 mahasiswa yang mengikuti acara tersebut dapat menjadi kader untuk mensosialisasikan kepada seluruh civitas akademika dikampus masing-masing agar lebih banyak lagi yang mengetahui dan mengikuti lomba PKM ini.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. 

PKM memiliki enam sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggat waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil. (Sumber : Wikipedia). 

Photo-photo kegiatan Pelatihan Penyusunan Prosoal Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 29-30 Agustus 2017 di Hotel Grand kanaya :








(AP)



Lokasi: Jalan Darussalam No.12, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Sei Sikambing D, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20119, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html