Jumat, 03 Maret 2017

JADILAH REMAJA YANG BERTUMBUH DIDALAM TUHAN

JADILAH REMAJA YANG BERTUMBUH DIDALAM TUHAN

http://pemudagksbsbandarjaya.blogspot.co.id/
Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. Sebagai anak remaja, ketika anda mengajak teman-teman untuk pergi atau datang ke gereja, mungkin saja ada yang bicara/katakan, “kamu saja yang pergi ibadah”. Saya ingatkan anak-anakku semua, ayat ini mengatakan:

I. Jangan kamu di sesatkan

Bangsa Israel keluar dengan Ibu-Bapa dan anak-anaknya, tujuannya adalah hanya untuk ibadah saja. Remaja-remaja yang baru bertumbuh, belumlah kuat di dalam Tuhan. Perlu banyak Firman Tuhan yang harus disampaikan, supaya mereka terus bertumbuh di dalam Tuhan. Kelakuan yang tidak baik harus dihindari. Dalam setiap ibadah, baik tingkat jemaat maupun tingkat wilayah, sudah disampaikan, tapi kenapa remaja-remaja tidak hadir? Apakah karena mereka disesatkan?

Rasul Paulus marah kalau ada yang menyesatkan remaja-remaja . jangan ikut-ikutan teman yang mengajak untuk minum-minuman keras. Jangan ikutan teman untuk ajak merokok. Jangan ikutan teman yang ngajak makan pinang. Jangan ikutan pergaulan buruk. Tubuh para remaja sekalian sudah dibeli dengan harga yang lunas yakni dengan Darah Yesus.

Roma 8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Saat ini banyak remaja hidupnya dengan foya-foya. Ingalah baik-baik dan sadarilah bahwa waktu yang Tuhan kasih buat para remaja adalah waktu yang terindah.

Roh Kudus kalau ada dalam hati kita, Dia akan mengendalikan perkataan, pikiran, dan tindakan yang baik. Untuk bertumbuh dengan benar di dalam Kristus Yesus Tuhan.  Di dalam Tuhan, kita akan hidup lebih baik. Efesus 4:17 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia. Dorongan Roh Kudus datang dengan membaca Alkitab. Padahal sebelum ada dorongan Roh Kudus tidak pernah membaca Alkitab. Setelah ada, bangun pagi baca Alkitab, bukan pendeta saja yang harus baca Alkitab, para remaja juga harus mulai membaca Alkitab. Karena Alkitab adalah Firman Allah. Kalau hati kita kosong, maka iblis akan dengan mudah masuk dan menghancurkan kehidupan kita para remaja.

II. Firman Tuhan Mengajar Saat Salah

2 Timotius 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. 

Dalam ayat ini jelas sekali tentang tujuan Firman Tuhan, yaitu untuk mengajar; untuk menyatakan kesalahan; untuk memperbaiki kelakuan; dan untuk mendidik orang dalam kebenaran dan kemudian semuanya itu diperlengkapi perbuatan baik, khususnya dikalangan remaja Kristus.

III. Berdoalah Dengan Sunguh-Sungguh

Doa harus ada dalam kehidupan para remaja Pantekosta. Kisah Para Rasul 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”13:3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. 8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Biasanya pada usia-usia remaja, adalah cepat dalam menangkap Firman Tuhan. Oleh karena itu, para guru atau Pembina remaja atau ketua-ketua komisi remaja, ajarkan dengan baik para remaja yang Tuhan titipkan di gerejamu.

IV. Ingatlah dan Taatilah Pemimpin Kamu

Ibrani 13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka. Ibrani 13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Kepada  Ketua-Ketua Komisi dalam doamu sebutlah nama-nama anak remajamu kepada Tuhan. Kalau bagi Gembala, sebutlah nama-nama anggota jemaatmu dalam doamu satu persatu kepada Tuhan.

V. Sebagai Pemimpin Tegorlah Anak Remaja

2 Timotius 4:1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya: 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Sebagai pemimpin tegurlah anakanak remaja yang mabuk, yang  merokok, dan yang masih makan pinang dan tegurlah dengan penuh kesabaran. Menasehati remaja sejak dini adalah sangat penting sekali.

VI. Hai Anak Remaja Hormatilah Orangtuamu

Saat ini kita tidak bisa pungkiri bahwa, anak-anak remaja masa kini sudah bisa menantang orang tua. Mereka sudah berani mengatai orang tua mereka “bodoh dan tidak tahu apa-apa?” Efesus 6:1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 6:2 Hormatilah ayahmu dan ibumu — ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: 6:3 supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Ingat bahwa, orangtuamu tahu lebih banyak hal? Walaupun dari segi pendidikan dan lainnya sesuai perubahan jaman, memang orangtua tidak tahu…tapi kalau anak-anak remaja lebih pintar kenapa tidak bisa urus diri sendiri, masih minta uang jajan sama orang tua, masih minta dibelikan sepatu, seragam, HP, Pulsa dan sebagainya!




Sumber : https://pealtwo.wordpress.com/2013/08/31/jadilah-remaja-yang-bertumbuh-di-dalam-tuhan/





0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html